jump to navigation

Balada Calo Seleksi PNS November 1, 2008

Posted by Abdee in Apa Kata Mereka.
Tags: , , ,
trackback

Tingginya minat untuk menjadi PNS ini membuat sebagian orang rela melakukan dan mengorbankan apa saja untuk menjadi PNS. Hal ini juga yang kemudian dimanfaatkan oleh sebagian pihak untuk mencari untung dengan menjadi calo yang “konon” bisa memuluskan jalan menjadi PNS.

Modus yang digunakan calo-calo tersebut bermacam, namun yang tengah trend (karena aman bagi si calo) adalah dengan perjanjian bahwa transaksi uang (biasanya puluhan juta) akan dilakukan jika si klien sudah diterima menjadi PNS.

Mekanisme semacam ini kelihatannya “fair”, karena si calo berjanji akan melakukan lobi lewat panitia seleksi, pimpinan, pejabat, dll. Tak lupa kadang ia mengatakan bahwa apa yang dilakukan semata adalah usaha dan hanya berniat membantu. Sementara klien tak akan kehilangan uang sebelum dia benar-benar menjadi PNS.

Padahal si calo  tak melakukan apa-apa. Ia hanya mencari sebanyak mungkin klien di tempat pengembalian formulir PNS, tempat seleksi, dll. Kemudian ia duduk-duduk saja, menunggu pengumuman dan mencocokkan datanya apakah ada kliennya yang lolos. Jika klien lolos, ia tinggal menagih uang sesuai perjanjian.

Misalkan ia mampu melakukan transaksi dengan ratusan klien, maka satu orang lolos sudah cukup baginya untuk mengeruk keuntungan puluhan juta tanpa modal. Si Klien bisa jadi tidak sadar bahwa ia lolos atas usahanya sendiri, bukan karena usaha si calo.

So, bagi yang mau daftar CPNS, Waspadalah !

Komentar»

1. trendy - November 1, 2008

buset jadi kepengen juga jadi calo!
wkeekkeekke!

@trendy
waduhh….

2. Hedi - November 1, 2008

calo adalah profesi laris di negeri ini, tinggal konsumen yg musti hati2 ya🙂

@Hedi
Padahal di Administrasi Kependudukan ndak ada profesi Calo lho….

3. Eljaholic - November 1, 2008

Hahaha.. Itu karena kurang PD dengan kemampuannnya sendiri. Kaya klub bola yang nyuap wasit karena ga yakin menang.. ya kan??😀 Atau mau tes toefl tapi pake jasa joki? wkekkekekkee….

@Eljaholic:mrgreen:

4. Bagoez - November 1, 2008

Stidaknya itu bs jd sbuah motivasi biar tmbh PD.mmg bth pngorbanan agar bs jd PNS (Pegawai Nyampe Siang).

5. ogi - November 2, 2008

anjrit, tego mennn

@ogi
ra tego ra madang…

6. FaNZ - November 2, 2008

heuheue
jaman edan!

7. akuhayu - November 3, 2008

wah, modus yang cerdas, tapi kok jahat ya
^_^

@akuhayu
tuntutan jaman yu… tega tega nan.

8. Ly - November 3, 2008

aku tidak tuuuhh….
beberapa tahun yang lalu di tawarin jadi PNS sayah malah tolak😀
abis kalau pensiun di kasihnya beras pera’ sih heuhuehuheuheh😛

@Ly
aduh mbak, beras kaya gitu udah masa lampau. Sekarang semua dinominalkan dalam bentuk uang.

9. kyai slamet - November 3, 2008

peluang bisnis ah:d

@kyai slamet
tunggalane….!
Mas, Pakdhe Karwomu kalah di Final…

10. ndop - November 3, 2008

wow, pekerjaan yang ndak ada keren-kerennya.. “calo”

@ndop
tidak keren tapi menghasilkan

11. ansha - November 3, 2008

salam kenal pns…

@ansha
salam kenal juga…

12. latree - November 4, 2008

ada modus yang lain. katanya mau ngasih bocoran soal tes, ‘cuma’ seharga satu juta. adikku hampir saja kena, tapi aku larang. ternyata, seorang temannya yang mau beli ‘bocoran’ itu, hanya mendapatkan contoh soal, yang di dapat entah dari mana.
dua kali aku ikut tes, soalnya beda tipe. kurasa tergantung panitianya. contoh soal perlu buat latihan. cari aja sebanyak-banyak di sekitar dinas tenaga kerja menjelang pendaftaran. tapi harganya paling-paling 5000 – 10.000, gak nyuampe sejuta😀

@latree
ini persis sama dengan yang dialami tetangga teman kerja… tapi gak sejuta, cuma beberapa ratus ribu. Trus kalo nanti emang bener2 sukses bocorannya, bayar 35 juta.

13. Eljaholic - November 4, 2008

Waduh.. contoh soal kok sejuta.. wakwkka.. cpt kaya jadi calo :))

@Eljaholic
dadi calo wae…. lumayan timbang nganggur.

14. khay - November 4, 2008

Untung saya ga bakat jadi calo apalagi caleg Dee.
Uang hasil percaloan sangat dilarang oleh mbah kung saya…

*akan saya umumkan postingan ini kpd sodokur2 sy yg ingin jd PNS*
Untungnya lagi sy ga minat jd pns. Mending jd pedagang ajah….🙂

@khay
wetonnya apa bang…. kok yakin cocok jadi pedagang? Bang Khay lebih cocok kerja di air..

15. Fa - November 4, 2008

wew, kok linknya ke aku? hihihihi… btw, kapan nih pemprov dan pemkab ngeluarin pengumuman?😀

@Fa:mrgreen:

16. iskandarjet - November 5, 2008

salam kenal buat pns yang satu ini. meskipun calonya banyak, mudah2an pns2 generasi kita lebih profesional ya…. kl semuanya kerja rajin dan jujur kan pasti maju nih negara. emang sih Indonesia bukan tanggungjawab para pns doang. tp pns punya tanggungjawab juga kan.. .hehehe… apalagi waktu tes wawancara cpns pasti ditanya apa motivasimu jadi pns. jawabannya ya nggak jauh2 dari ini: “Untuk mengabdi pada bangsa dan negara…”

hehehe… come to my new blog at http://iskandarjet.kompasiana.com

@iskandarjet
Saya dulu gak pake test wawancara. Sekali Test langsung lolos… Cuma test kesehatan.

17. cebong ipiet - November 6, 2008

bisa jadi inspirasi ki mas wekekekeke
taon ngarep ah nyalo *hayah*
tenang pak kan saiki wes lewat tahap seleksi
sing yoh rodo ruwet soale bener2 tes

@cebong ipiet
halah… malah melu melu

18. masmoemet - November 6, 2008

calo tuh sama dengan mak comblang ga ya hehehe😆

@masmoemet
Sama kayaknya. Sama juga dengan Makelar, Penghubung, dll.

19. inung gunarba - November 6, 2008

mainin kepercayaan orang nih, pinter deh tuh calo!
ning yo cen slompret he3 *kepepet je mas*

regratz…

20. Sawali Tuhusetya - November 6, 2008

wah, makin pada ndak bener nih, mas. calo2 seleksi pns bener2 telah membuat resah para cpns, inilah awal mula kehancuran birokrasi negeri ini. semoga saja para calo semacam itu segera sadar dan kembali ke jalan yang benar.

21. yodama - November 7, 2008

Btw, dl sampeyan tes PNS pake calo gk? Or pernah didatengin ribuan calo barangkali?

Jd tau modusnya. T’nyata gt ya. Calo oh calo. Bener2 gk barokah rezekinya.😦
yg sy heran, msh ada aja yg pake jasa mereka. Segala cara pun mereka menghalalkan. Emang enak ya mas, jd PNS?

22. septy - November 7, 2008

sebenernya tuh calo kreatif atau licik?
semoga para cpns ituh diberikan kekuatan iman untuk tidak teregoda rayuan calo2 yg mengambil kesempatan dalam kekalutan orang yah, amin…. berjuang dgn usaha sendiri kan akan lebih memuaskan

23. sarahtidaksendiri - November 7, 2008

hmm…aQ susah bilangnya..hehe *cr kt2 yg tepat*
kadanga ad org yg mlhat peluang di tengah kesulitan dan kadang adajg org yg menemukan kesulitan diantara peluang..
hehe..kira2 gitu dech

24. Rindu - November 7, 2008

hari gini masih ada calo yah … duh miris🙂

25. renimaldini - November 8, 2008

Di Padang juga buka penerimaan CPNSD 2008, Senin (10/11)…
Mudah-mudahan di Padang gak ada calo dan KKN..
Apalagi Gubernur Gamawan udah komit bahwa gak ada KKN lagi..

26. Wennyaulia - November 8, 2008

Wah lapangan kerja baru niy..
Datang-Duduk-Diam-Dapatkan uang😆

tp mas, sebenernya praktik2 jadi pns lewat belakang tu masih ada gak to?😕

27. Andy MSE - November 9, 2008

Waduh.. kayak terminal aja, ada calonya…
Bikin prihatin pak Abdee!

28. chic - November 10, 2008

wooogh kurang ajar juga ya si calo ituh!😯 *baru tau kalo ada yang begitu*

ah untung ga pernah ikutan ujian CPNS…:mrgreen:

29. priwit - November 10, 2008

Nyari kerja pakai cara nggak bener, kalo dah diterima pasti niatnya juga nggak bener. Amit2 ah…..

30. escoret - November 11, 2008

wuaaaaaaaaa..jd kepikir mau bikin biro calo..kekekk

31. nina - November 11, 2008

waa..gitu yaa..kerjanya calo..??
kirain mereka beneran usahain supaya lolos jadi PNS
untung ngga minat jadi PNS(^_^)

32. imcw - November 11, 2008

Tuhan pasti memberikan jalan kalau kita mau bersusah payah.🙂

33. JoEy D`JuVe - November 19, 2008

Mau donk kontak Calo nya !!! *otak bisnis*

34. TENGKU PUTEH - November 24, 2008

Bagi yg udh masuk PNS, senyam-senyum aja, hehehe…

35. bangpay - November 27, 2008

Untung saya gak pernah ikut seleksi PNS…

36. ciwir - Januari 15, 2009

namanya juga calo…pasti menjual lebih mahal…

37. jaka - Januari 27, 2009

walah-walah lha saya ini Alhamdulillah lulus tes cpns desember 2008 dan tidak sepeserpun uang saya keluarkan ….
Jadi harap waspada bagi rekan-rekan yang menerima tawaran calo meskipun sangat menggiurkan

38. Registrasi Domain - September 12, 2010

hahaha parah juga yah modusnya, klo begini salah cpnsnya juga yang gak pede hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: