jump to navigation

Balada Ringgo Agustus 23, 2008

Posted by Abdee in PNS Juga Manusia.
Tags: , ,
trackback

Saya tidak sedang membicarakan Ringgo, si aktor Jomblo yang sekarang  pacaran dengan mantan pacarku Revalina S. Temat. Ringgo yang saya bicarakan adalah Ringgo yang saya temui pada akhir bulan Agustus delapan tahun lalu pada suatu tempat di pelosok tanah Jawa.

Ya, suatu siang delapan tahun lalu saya bersama dua orang teman KKN diantar seorang pegawai Perhutani menjelajahi lebatnya Hutan Jati Blora. Tujuan kami cuma satu, mengambil pohon jati ribuan bibit tanaman yang akan kami sebarkan pada warga di lokasi KKN kami.

Menjelajahi jalan tanah di tengah Hutan Jati bagi saya adalah pemandangan menakjubkan. Pohon jati yang lurus seolah berbaris rapi, dengan kondisi daun kering dan mulai meranggas. Semua tampak seragam. Konon, di beberapa petak hutan itu masih bisa ditemui burung Merak atau Harimau Kumbang. Ketemu Burung Merak sih oke, kalo Harimau…  nggak dehh.

Sepanjang perjalanan, satu persatu penduduk yang kami temui di tengah hutan menghentikan laju pickup kami. Dengan sigap mereka melompat ke bak pickup, dan menumpang. Laki perempuan, tua dan muda. Yang menarik perhatianku, kebanyakan mereka mengenakan kaos Parpol. Padahal Pemilu 1999 sudah setahun berlalu.

Pegawai Perhutani menjawab rasa ingin tahuku dengan bercerita bahwa bagi mereka kaos Parpol yang setipis saringan tahu tersebut sangat berarti. Di tengah kesusahan dan kemiskinan mereka sebagai penduduk di tengah pelosok hutan, kaos adalah barang yang tak rutin terbeli. Tak jarang seorang penduduk hanya memiliki kaos kurang dari jumlah hari. Lima atau enam lembar kaos.

Oleh karena itu, kaos tersebut segera mereka cuci dan keringkan agar segera bisa dipakai kembali. Istilahnya adalah Ringgo (Garing Dinggo) atau Kering Dipake. Ada juga yang menyebut Mbah Ringgo (Kumbah Garing Dinggo) / Cuci Kering Pake seperti tag Iklan. Ternyata di negara yang katanya makmur ini, sandang / pakaian bagi sebagian orang adalah kebutuhan pokok yang sulit terbeli. Sementara bagi sebagian lain, pakaian adalah gaya hidup.

Saya teringat tentang Ringgo setelah minggu ini saya kelabakan karena seragam batik ke kantor lupa dicuci. Padahal itulah satu-satunya yang saya punyai. Karna cuma punya satu, maka habis dipake biasanya segera saya cuci untuk dipakai kembali minggu depan. Ohh..Ternyata saya termasuk kaum Ringgo juga.

Maaf, karna sedang banyak kerjaan pikiran, saya belum sempat ngrapel kunjungan balik teman teman, dan balas koment. Postingan ini saya buat setelah diopyak opyak oleh orang ini.

Komentar»

1. Fa - Agustus 23, 2008

hahaha… untuk urusan daster, saya juga masih suka ringgo mas, apalagi yang bahannya enak banget (baca: daster kesayangan yg bikin aku jd lebih cantik klo memakainya -halah-)

2. kidungjingga - Agustus 23, 2008

waaahhh…. penggemar Ringgo juga, jangan-jangan….
ups… another Ringgo yah ini mah??

Sedang banyak pikiran yah? mmhh jangan2 mikirin gimana caranya beli batik baru nih.. heheh…

3. trendy - Agustus 24, 2008

emang enak kalo ketemu temen lama!
wekekek!

4. septy - Agustus 24, 2008

sepakat ma Fa…!!!! secara cuma punya 3, padahal itulah seragam tidur yg paling nyaman sedunia😀 jd kl soal daster, mbah ringgo banget deh😀

5. ogi - Agustus 24, 2008

tak pikir koe nggonggo, dinggo karo dinggo thok
ratau dikumbah,
bukan begitu?

6. khai - Agustus 25, 2008

Untung saya tidak suka RINGGO. Secara saya suka RINSO kl nyuci klambie Dee–

Btw, photonya mana?? Khan lbh seru kl pake poto *usul maksa mode on*😀

7. akuhayu - Agustus 25, 2008

aduh mas, negeri kita ini masih memprihatinkan
jangankan di Blora
di wonosari juga banyak yg gitu
^_^

8. hanggadamai - Agustus 25, 2008

berarti g distrika ya?? hmm

9. marsudiyanto - Agustus 25, 2008

Seragam keki & seragam korpri saya juga RINGGO. Kadang malah saya gantung, dipakai minggu berikutnya.

10. kambingkelir - Agustus 25, 2008

hahahaha ternyata ada juga temenku yang mbah ringgo saya kalo lagi di luar kota dan persedian ganti dikit ye terpaksa ringggo juga mas
sori lama nggak jinguk kesini maklum baru pulang dari hutan sumatera

11. novi - Agustus 26, 2008

hahahahaha biasanya mah “daleman” yang suka ringgo……hahahah

12. hanny - Agustus 26, 2008

hwah, bagus ini postingannya, memotret kehidupan sekali, ya… *merenung*

13. masmoemet - Agustus 26, 2008

wekekeke … si novi jujur bgt:mrgreen:

14. phery - Agustus 26, 2008

gayamu di alinea terakhir kui loh mas sek dadi pikiranku. Wes dadi seleb blog tenan to koe. kalah mental tenan aku

15. ndop - Agustus 26, 2008

aku gak gelem… pokoke kudu tak setliko disik… hehehe…

16. khai - Agustus 26, 2008

hiks..mas ndop ini gw banget. Ga mau pake baju kl ndak disetlicca😀

17. Rindu - Agustus 27, 2008

Ringgo yang saya tahu itu koboy mas … yang berpistol dikiri kanan pinggul dan bertopi lebar🙂

18. Sluman slumun slamet - Agustus 27, 2008

Untung aku pns tak berkostum. Kaos berkerah, jeans cihampelas, sepatu boot dan tas punggung dah bisa buat ngantor!
Jadi, ada manpaatnya juga ya partai2 itu.

19. kishandono - Agustus 27, 2008

kalo istilah saya curingke, cuci-kering-pake.

20. ladYNa - Agustus 28, 2008

cuci kering pake…
kuliah pun saya masih bgtu…😀

21. LutFi - Agustus 28, 2008

hem..jadi nggak enak sendiri:( (perasaan bersalah dari orang yang seneng banget beli baju. pokoknya paling lemah iman kalo liat baju bagus dengan harga reasonable). hiks…

22. khai - Agustus 28, 2008

@Lutfi
Saya suka ngambil ditukang Kredit mas kalo ada baju bagus tp dana lagi cekak—hehehe….buka rahasia sendiri😀

23. latree - Agustus 28, 2008

feel guilty. aku kadang sampe bingung mau naruh baju di mana karena lemariku penuh.
*jelas aja…. lemarinya kecil, dipake berdua sama suamiiiii……*

24. wi3nd - Agustus 28, 2008

klu pas pendakian malah baju kering dibadan tuch..jadinya”ringdan” nda nyambung hahah..

25. wi3nd - Agustus 28, 2008

klu aku malah ringdan”kering dibadan” klu pas pendakian heheh

26. chic - Agustus 28, 2008

weeeeh? saya juga suka gitu kok Mas..😆

27. mantan kyai - Agustus 29, 2008

ringgo yang sok jomblo yah😀

28. ario saja - Agustus 29, 2008

waduh kok sampe RINGGO ngono yo bozzz… waduh teranyata masih banyak warga kita yang berada di bawah garis kemiskinan…

29. renimaldini - Agustus 30, 2008

Begitulah kenyataan yang terjadi di tanah air ini. Di tengah hiruk piku dan gemerlap kota Jakarta, masih banyak msyarakat yang begitu menghargai arti sebuah pemberian. Seperti yang ditemui mas ini saat KKN.
Tentunya, begitu berharga arti sebuah baju parpol (yang entah diberikan oleh siapa…). Mungkin juga mereka akan berharap tak hanya baju kaos tipis yang diberi tapi masih banyak lagi.

Oia, buat balada pns, bisa aja ngasih singkatan. Kirain apa itu Ringgo ternyata???

30. fistonista - Agustus 31, 2008

iya, dulu waktu kkn saya juga sering ringgo…tapi kalo gak tahan ya ngabur pulang ke jogja..huehuehue…

31. Winnu Ayi - Oktober 13, 2008

wah, dulu pas tinggal di asrama saat sma, sering ringgo jg.
alhamdullilah warna bajunya ikut-ikutan berubah… ntah kenapa.

32. Khairuddin syach - September 27, 2009

selamat pagi fer..

33. Iklan Baris Gratis - September 27, 2009

Numpang keren fer..

34. togel singapur - Januari 10, 2014

assalamualaikum wr.wb saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada KI SURAKARTA atas bantuan KI.
kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuanKI SURAKARTA pula yang telah memberikan
angka ritual kepada saya yaitu 4 angka dan alhamdulillah langsung tembus. sekali lagi makasih ya KI karna
waktu itu saya cuma bermodalkan uang 300 ribu dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual KI SURAH KARTA
saya sudah bisa buka usaha yaitu BENKEL MOBIL/MOTOR dan TOKO SEMBAKO kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari
sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS KI SURAKARTA di nomor hpnya: 085_342_734_904 ramalan KI memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin tembus.,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: